Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

DATA DAN INFORMASI

 DATA DAN INFORMASI


Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan atau bias diartikan sebagai  bahan mentah dari informasi, sedangkan informasi adalah data  yang  telah diolah menjadi bentuk yang  berguna bagi penerimanya berupa nilai yang dapat dipahami sebagai bahan pengambilan putusan pengolahan data menjadi bentuk informasi yang beragam disebut sebagai representasi data.

Representasi data pada computer berawal pada penyimpanan data digital dalam memori yang kemudian dikodekan dalam bentuk kode biner, yang nantinya akan di konversikan menggunakan system bilangan yang beragam, seperti menggunakan bilangan decimal, octal, heksadesimal. Namun, tidak hanya data numeric saja, bisa berupa data alphabet atau data yang berupa karakter khusus.

Data yang akan direpresentasikan disimpan dalam memory yang sesuai dengan tipe datanya, jenisnya antara lain integer, long integer dan sebagainya, hasil dari representasi data tersebut dapat berupa Citra digital (gambar), video atau dapat juga berupa Audio yang dapat dipahami oleh seseorang yang sudah menjadi sebuah informasi.

-------------------
Rangkuman Materi PTIK - 04
Data dan Informasi
Oleh : Zidni Nafi' Akbar
NRP : 1113100052
Jurusan : FISIKA MIPA- ITS SURABAYA

Dosen Pembimbing  : Henning Titi Ciptaningtyas

Subscribe to receive free email updates: