Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik)


E-Commerce atau Electronic Commerce (Perniagaan Elektronik), merupakan bagian dari Electronic Business. Secara umum E‐Commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer, salah satunya adalah Internet.

Tujuan dari adanya perniagaan elektronik adalah untuk mempermudah orang yang ingin membeli barang atau jasa, secara cepat, nyaman dan efisien, lebih banyak pilihan dan bias dilakukan dimana saja orang berada tentunya harus terkoneksi dengan internet.

Jenis dari perniagaan elektronik antara lain Business‐to‐consumer (B2C) yaitu pelanggan berhubungan langsung dengan produsen/pabrik, menghindari perantara. Business‐to‐business (B2B)yaitu pesertanya terdiri dari produsen‐produsen. Dan Consumer‐to‐consumer (C2C) yaitu pesertanya adalah individu, dengan satu pihak sebagai pembeli dan pihak lainnya sebagai penjual.

Kelebihan dari adanya perniagaan elektronik antara lain Menurunkan biaya operasional, menaikkan profit, Meningkatkan pangsa pasar, Melebarkan jangkauan pemasaran, Mengurangi penggunaan waktu, meningkatkan produktivitas, Meningkatkan layanan ke pelanggan (untuk beberapa kasus), Fleksibilitas, pembeli dapat berbelanja tanpa terbatas kondisi ruang dan waktu. Sedangkan kelebihan dari transaksi online/perniagaan elektrnik adalah Membutuhkan keahlian computer, Biaya untuk akses internet, Resiko kebocoran data personal, Berdasarkan pada kepercayaan (terkadang meragukan), Kerugian finansial karena penipuan, Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.


Subscribe to receive free email updates: