Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Keamanan Jaringan

Keamanan Jaringan


 Kriptografi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara menjaga agar data atau pesan tetap aman saat dikirimkan, dari pengirim ke penerima tanpa mengalami gangguan dari pihak ketiga. Tujuan utama dari kriptografi adalah untuk keamanan dan kerahasiaan sebuah data atau informasi.

Dari segi fisik, kemanan suatu data tergantung dari seseorang itu sendiri, misalnya penggunaan password yang mudah ditebak oleh orang lain, penggunaan password di berbagai akun, hal ini mengakibatkan password mudah untuk di bobol oleh orang lain yang ingin mencuri informasi atau data pada akun tersebut. Agar password tidak mudah dibobol oleh orang lain buatlah password yang mengandung kombinasi karakter, angka, dan tanda baca, dan secara periodic gantilah password tersebut.

Dari Segi system Operasi sangat banyak potensi data kita dirusak atau dicuri oleh orang lain, misalnya perusakan data oleh virus, worm, Trojan dan lain sebagainya. Untuk mengantisipasi hal ini kita bias install antivirus pada computer, meng-update operating system secara berkala.

Dari segi aplikasi dan jaringan juga dapat dimanfaatkan oleh orang lain untuk mengambil informasi atau data yang kita miliki, misalnya penyerangan terhadap MAC adrres pada jarngan computer, pembobolan pada password jaringan computer, dan bentuk serangan lain semacamnya. Salahsatu bentuk pencurian informasi melalui aplikasi adalah spamming misalnya pada email, situs jejaring social, dan lain sbagainya, ada juga penggunaan fake login untuk menipu user saat login pada sebuah aplikasi, tujuan dari fake login ini adalah untuk mengetahui username dan password dalam akun tersebut.

Subscribe to receive free email updates: