Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Perkembangan Perangkat Lunak

Perkembangan Perangkat Lunak



Perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi dan data yang tersimpan dan dijalankan oleh computer, karena computer tidak dapat melakukan apa-apa tanpa instruksi. Pada awal tahun 1951 dimana perangkat lunak generasi ke -1 yaitu bahasa mesin dan bahasa Assembly, dalam bahasa mesin ini semua instruksi dalam bentuk biner, dan pada saat bahasa assembly semua bahasa pemrograman biner di translate menjadi bahasa yang lebih mudah.

Perangkat lunak pada generasi ke 2 yaitu High level Language yaitu pembuatan bahasa yang berisi instruksi yang lebih mirip ke dalam bahasa inggris. Pada tahun1965 munculah perangkat lunak generasi ke 3 yaitu system operasi yang merupakan perangkat lunak yang berungsi mengatur sumber daya computer.yang berkembang lagi menjadi aplikasi aplikasi yang memiliki fungsi tertentu yang disebut Gneral Purpose Application.

Pada generasi perangkat lunak ke 4 munculah aplikasi package seperti pengolah data dan pengolah angka. Pada generasi ke 5 semua aplikasi berkembang pesat dengan berbagai bahasa pemrograman seperti C++, JAVA, C#, dan bermunculan system operasi, browsers, application package seperti Microsoft office dan sebagainya.

Berdasarkan fungsinya perangkat lunak dibagi menjadi dua, yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak system terdiri dari system operasi (os), bahasa pemrograman, system utility. Sedangkan perangkat lunak aplikasi adalah perankat lunak yang berfungsi untuk membantu pekerjaan dalam kehidupan sehari hari. Contoh perangkat lunak aplikasi seperti Microsoft word, adobe photoshop, corel dan lain sebagainya.

-------------------------------
Rangkuman Materi PTIK - 05
Perkembangan Perangkat Lunak
Oleh : Zidni Nafi' Akbar
NRP : 1113100052
Jurusan : FISIKA MIPA- ITS SURABAYA

Dosen Pembimbing  : Henning Titi Ciptaningtyas 

Subscribe to receive free email updates: