Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Bolehkan ngaji kitab qurrotul uyun di siang hari Romadhon??

Bolehkan ngaji kitab qurrotul uyun di siang hari Romadhon??, 
Sebuah pertanyaan unik datang dari jamaah. bagaimana hukumnya di siang bolong di bulan ramadhan ngaji kitab qurrotul uyun ?? Bagi sebagian orang (terutama yang libidonya tinggi), sedikit banyak, beberapa bagian dari pembahasan kitab ini cukup berpotensi memancing imajinasi yang bisa saja meningkat ke taraf 'terangsang'.

JAWABAN :

Jika di waktu siang (bulan ramadhan) sebaiknya jangan mengaji kitab yang bisa membuat pikiran berangan-angan tentang jimak atau permulaannya, karena membayangkan hal-hal semacam itu haram.

حاشية البجيرمي على شرح منهج الطلاب - (2 / 75)والنظر والفكر المحركان للشهوة كالقبلة فيحرمان وإن لم يفطر كما في ق ل على الجلال



إحياء علوم الدين ومعه تخريج الحافظ العراقي - (3 / 256)وأما من يتمثل في نفسه صورة صبي أو امرأة لا يحل له النظر إليها وكان ينزل ما يسمع على ما تمثل في نفسه فهذا حرام لأنه محرك للفكر في الأفعال المحظورة ومهيج للداعية إلى ما لا يباح الوصول إليه وأكثر العشاق والسفهاء من الشباب في وقت هيجان الشهوة لا ينفكون عن إضمار شيء من ذلك وذلك ممنوع في حقهم لما فيه من الداء الدفين لا لأمر يرجع إلى نفس السماع

---
Jawaban idem dengan kang abdul qodir, sebaiknya dihindari mengaji kitab yang bisa membangkitkan "gairah" karena mengangan-angan dan memikirkan hal yang bisa menggerakkan /membangkitkan syahwat misalnya mengangan-angan dan befikir tentang ciuman maka hukumnya haram walaupun tidak membatalkan puasa.

- kitab hasiyah qolyubi (2/75)

تنبيه : النظر والفكر المحرك للشهوة كالقبلة فيحرم وإن لم يفطر به

"Peringatan: melihat dan ber-angan-angan yang dapat membangkitan syahwat itu seperti mencium; maka haram sekalipun tak membatalkan puasa."

Demikian Jawaban dari pertanyaan terkait Bolehkan ngaji kitab qurrotul uyun di siang hari Romadhon??

Subscribe to receive free email updates: