Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Makalah Tentang Tahap Perkembangan Moral

Makalah Tentang Tahap Perkembangan Moral


Klik show untuk melihat Link Download
Makalah ini saya kutip dari sebuah skripsi atau Tugas Ahhir Jurusan PAI, silahkan baca Daftar Isi dan Ambil yang sesuai kebutuhan...
Download Disini :
https://drive.google.com/uc?export=download&id=0ByyS2Yqq_y7uNGlfVTI2TTVzVUE


Perkembangan moral atau tepatnya perkembangan penalaran moral berkaitan dengan aspek berfikir seseorang. Seperti halnya yang dinyatakan duska, bahwa perkembangan moral bukanlah suatu proses menanamakan macam- macam peraturan dan sifat- sifat baik tetapi suatu proses yang membutuhkan perubahan struktur kognitif. Pertumbuhan moral dengan cara bertahap dari tingkat yang sederhana sampai pada puncak kematanganya.
Begitu juga dengan hurlock menyatakan bahwa perkembangan moral bergantung dari perkembangan kecerdasan. Ia terjadi dalam tahapanyang diramalakan yang berkaitan dengan tahapan dalam perkembangan kecerdasan. Dengan berubahnya kemampuan menangkap dan mengerti, anak- anak bergerak ke tingkat perkembangan moral yang lebih tinggi.

Berikut ini adalah tahap- tahap perkembangan moral menurut Laurance Kohlberg, yaitu:

1. Prakonvensional
Menurut Kohlberg dalam bukunya K. Bertens menyatakan bahwa Anak pada tingkat perkembangan moral ini mulai tanggap terhadap aturan- aturan budaya dan terhadap aturan- aturan budaya mengenai baik, buruk, benar dan salah. Tetapi hal ini masih ditafsirkan dari segi akibat fisik atau kenikmatan perbuatan. Pada tingkat ini terdapat dua tahap, yaitu: (1) orientasi hukuman dan kepatuhan. Dan (orientasi relativitas instrumental).
Pada tahap orientasi hukuman dan ketaatan, anak melihat bahwa perbuatan baik dan buruk karena akibat- akibat fisik atas perbuatan yang telah dilakukanya. Pada fase ini anak hanya semata- mata menghindari dan tunduk pada kekuasaan tanpa mempersoalkanya. Semua perilaku yang dituntut oleh hukuman yang diterapkan kepadanya dilaksanakan bukan karena hormat terhadap tatanan moral tersebut, retapi didasarkan karena hal tersebut memiliki nilai bagi dirinya. Entah kenikmatan ataupun kesusahan.
Pada tahap orientasi relativis instrumental, anak memandang bahwa perbuatan yang baik adalah perbuatan yang dapat memenuhi kebutuhan dirinya atau terkadang untuk memuaskan kebutuhan oranglain.

2. Konvensional
Pada tahap ini, anak hanya menuruti harapan keluarganya, kelompok atau banghsa di pandang sebagai hal yang bernilai dalam dirinya sendiri tanpa mengindahkan akibat yang segera dan nyata. Tingkat kedua ini mempunyai dua tahap sebagai lanjutan tahap awal yaitu (3) orientasi kesepakatan antara pribadi atau orientasi anak manis, maksudnya anak akan memahami bahwa perilsku yang baik adalah menyenangkan dan membantu orang lain serta yang di setujui oleh mereka. (4) Padas orientasi hukum dan ketertiban, anak memandang bahwa perilaku yang baik adalah semata-mata melakukan kewajiban sendiri, menghormati otoritas dan menjaga tata tertiub sosial yang ada sebagai yang bernilai dalam dirinya.

3. Pasca konvensional Otonom Atau Yang Berlandaskan Prinsip Universal
Pada tingkat ini terdapat usaha yang jelas untuk merumuskan nilainilai dan prinsip moral yang mem iliki keabsahan dan dapat diterapkan terlepas dari otoritas kelompok atau orang yang berpegang pada prinsipprinsip dan terlepas pula dari identifikasi individu dengan kelompok tersebut.
Tingkat ketiga ini memiliki dua tahap sebagai pelanjut tahap kedua. Yaitu (5) Orientasi kontrak sosial legalitas pada thap ini perbuatan yang baik cenderung dirumuskan dalam kerangka hak dan ukuran individual umum yang telah diuji secara kritis dan yang telah disepkati oleh seluruh masyarakat. (6) Tahapan orientasi prinsip etika universal, pada tahap in i hak asasi ditentukan oleh keputusan suara batin, sesuai dengan prinsipo-prinsip etis universal, konsistensi logis.
Dari uraian diatas menunjukkan bahwa penahapan perkembangan merupakan urutan bentuk timbal balik dari interaksi antar diri dengan orang lain sebagai penyelesaian konflik moral yang terjadi.

Makalah Tentang Tahap Perkembangan Moral

Subscribe to receive free email updates: