Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia

Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia



Contoh Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia, kali ini admin ingin berbagi ilmu lagi tentang contoh makalah penjaskes olahraga Renang yang admin dapatkan dari berbagai sumber... semoga bermanfaat... silahkan di edit seperlunya.

 

namun sebelumnya saya juga menghimbau kepada sobat setia pembaca artikel Blog Mas Zidni untuk sering2 mampir ke blog ini guna membaca berbagai artikel yang tersedia, dan jika kalian membutuhkan Makalah tentang apa saja silahkan request kepada admin melalui facebook/ sms aja ke nomor hp admin yang tersedia di bagian footer...

sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan anda dan kesediaan anda membaca artikel dengan judul download Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia, semoga makalah yang saya bagikan ini berguna bagi anda semua.

berikut adalah link download contoh Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia :

Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia
Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia



dan berikut ini adalah sedikit cuplikan atau contoh Makalah Sistem Koloid - Makalah Kimia yang anda download diatas

Pada tahun 1861, Thomas Graham, seorang ahli kimia bangsa Inggris melakukan percobaan untuk menguji perbedaan kemampuan aliran zat terlarut dengan menggunakan kantong perkamen, air, kristal gula, lem perekat, dan tepung kanji. Mula – mula gula, lem perekat, dan tepung kanji masing – masing dilarutkan ke dalam air. Kemudian larutannya dimasukkan ke dalam kantong perkamen, ditutup rapat dan direndam dalam air.

Dari percobaan tersebut ternyata molekul gula memiliki kemampuan untuk merembes keluar menembus pori – pori perkamen sehingga keluar dari kantong. Akan tetapi partikel kanji tidak dapat keluar dari kantong. Zat lain yang dicobakan oleh Thomas Graham adalah zat perekat dengan percobaan yang sama. Ternyata zat perekat tersebut sifatnya sama dengan sifat kanji, yaitu tidak mampu menembus membran perkamen.

Berdasarkan hasil percobaan tersebut, Graham memberikan gagasan sebagai berikut :

1. Molekul gula dapat lolos dari membran perkamen, sedangkan kanji dan perekat tidak dapat lolos dari membran perkamen. Hal ini dimungkinkan karena ada perbedaan diameter molekul antara molekul kanji dengan molekul gula. Molekul kanji mempunyai diameter lebih besar dari diameter molekul gula.
2. Larutan gula yang berasal dari kristal gula dan semacamnya disebut larutan yang berdifusi cepat atau kristaloid, sedangkan zat perekat, kanji, dan susu, atau semacamnya yang bersifat lekat dan kental disebut koloid.

Pada perkembangan selanjutnya, penggolongan zat menjadi koloid dan kristaloid tidak dapat dipertahankan karena banyak koloid dapat dikristalkan dan kristaloid dapat dibuat koloid.

Pada tahun 1907, Ostwald mengemukakan istilah system terdispersi dan medium pendispersi. System koloid terdiri dari fase terdispersi dengan ukuran tertentu dalam medium pendispersi. Zat yang didispersikan disebut fase terdispersi, sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi. Analogi dalam larutan, fase terdispersi adalah zat terlarut sedangkan medium pendispersi adalah zat pelarut. Pada contoh campuran susu dan air, fase terdispersi adalah partikel susu dan medium pendispersinya adalah air.

Seorang kimiawan Jerman bernama Richard Zsigmondy, pada tahun 1912 mendesain mikroskop ultra untuk mengamati partikel – partikel terlarut termasuk partikel koloid. Dari pengamatannya tersebut ternyata partikel koloid mempunyai diameter molekul 10 cm - 10 cm. Mengapa harus menggunakan mikroskop ultra? Karena hanya partikel yang ukuran diameternya lebih besar dari 10 cm yang dapat dilihat dengan mikroskop biasa.

Sebagai tambahan Referensi, Baca Juga artikel tentang Sistem Koloid pada link berikut : http://blognyapakarilmu.blogspot.com/2012/12/pengertian-koloid-sistem-koloid-kimia.html


Keywoard : makalah koloid lengkap, makalah koloid lengkap, makalah koloid kimia, contoh koloid, pengertian koloid, contoh makalah koloid, makalah tentang koloid, makalah koloid dalam kehidupan sehari-hari, makalah koloid pdf

Subscribe to receive free email updates: