Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer


Semua tipe data yang dapat disimpan dan diolah pada sebuah koputer dapat di transfer melalui jaringan computer, informasi digital tersebut dapat berupa Teks Suara, Gambar atau video. Semuda data digital tersebut dapat ditransfer melalui alat telekomunikasi yaitu Jaringan Komputer yang berupa Fax, Akses Online, E-mail, online chatting, download, upload dan lain sebagainya.
Perangkat jaringan computer meliputi jutaan perangkat computer yang saling terhubung melalui kabel jaringa berupa kabel fiber, kabel tembaga, atau bias berupa nirekabel, perangkat lain jaringan computer berupa Router yang fungsinya sebagai penghubung dan meneruskan sub jaringan yang erbeda, Switch yang berfungsi sebagai penghubung perangkat sub jaringan yang sama, modem dan akses poin.
Jaringan Komputer merupaan system yang terdiri dari sejumlah computer yang dirancang untuk dapat berbagi sumberdaya, saling berkomunikasi, serta dapat saling mengakses informasi. Klasifikasi jaringan computer berdasarkan jangkauan geofisis meliputi Local Area Network (Lan) yang mencakup wilayah kecil sperti wilayah kampus, kantor atau rumah, atau berupa Wide Area Network (WAN) yang mencakup area yang besar seperti jaringan computer antar kota dan wilayah, Bisa juga berupa Metropolitan Area Network (MAN) yang mencakup jaringan computer dalam satukota yag menggabungkan beberapa Lan, jangkauannya antara 10 sampai 50km.
Klasifikasi jaringan computer berdasarkan distribusi sumber informasi dibagi menjadi jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi, jaringan terdistribusi terdiri dari sejumlah computer klien yang mengakses sumber informasi yang berasal dari satu computer sedangkan jaringan terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga beberapa computer server yang terhubung dengan klien. Klasifikasi jaringan computer berdasarkan media transmisi data terbagi menjadi dua yaitu jaringan berkabel (wired network) dan jaringan nirkabel (wireless network)yang medianya menggunakan gelombang elektromaknetik melalui udara.


--------------------------------------
Rangkuman Materi PTIK - 11
Komunikasi Data dan Jaringan Komputer
Oleh : Zidni Nafi' Akbar
NRP : 1113100052
Jurusan : FISIKA MIPA- ITS SURABAYA

Dosen Pembimbing  : Henning Titi Ciptaningtyas  

Subscribe to receive free email updates: