Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini
Pasang iklan murah bayar pulsa, klik disini

Troubleshooting Pada Komputer

Troubleshooting Pada Komputer


Trouble shooting pada computer merupakan penyelesaian masalah pada computer dengan cara mencari sumber masalah secara sitematis sehingga masalah dapat di selesaikan, atau bias diartikan proses penghilangan penyebab masalah. Trouleshooting ada dua macam, yaitu preventive atau sebelum terjadi masalah dan reaktif atau setelah terjadi masalah. Trouble hooting preventive seperti tindakan back up file, pengunaan antivirus, fire wall dsb. 

Troubleshooting reaktif seperti analisa suara pada pada computer yang mengalami kerusakan, analisa pada tampilan atau permasalahan yang dapat diketahui berdasarkan pesan error yang ditampilkan di monitor. Sehingga dari analisa tersebut pengguna computer dapat mengidentifikasi kerusakan pada computer.

Salah satu tindakan preventif adalah menginstall antivirus, optimasi pada hardisk dengan cara membagi space hard disk (partisi) bias menggunakan tools Partition magic, melakukan error checking pada hard disk, dan mendefrag hard disk. bisa juga dilakukn dengan cara disk clean up dan merepair registry dengan software seperti CCleaner, RegCure dsb.

 ----------------------------------------
Rangkuman Materi PTIK - 08
Troubleshooting Pada Komputer
Oleh : Zidni Nafi' Akbar
NRP : 1113100052
Jurusan : FISIKA MIPA- ITS SURABAYA

Dosen Pembimbing  : Henning Titi Ciptaningtyas   

Subscribe to receive free email updates: